Hidup Akan Semakin Berkah Dengan Bersedekah

hqdefault (213 x 160)Beberapa waktu malam kemarin saya menonton acara di salah satu televisi swasta dimana host-nya adalah Ustadz Yusuf Mansur. seperti yang kita kenal selama ini adalah beliau yang selalu intens mengingatkan tentang Keajaiban dan Kedahsyatan bersedekah.

Di dalam acara tersebut Ustadz Yusuf Mansur menampilkan artis yang sudah mengalami dan merasakan sendiri tentang keajaiban dan kedahsyatan sedekah.

Opick menyedekahkan uang sebesar 800 juta, dan Allah menambahkan lagi keberkahan yang berlebih dalam rezeki Opick, sehingga Opick bisa lebih banyak lagi untuk bersedekah terhadap fakir miskin. Apakah semua itu faktor kebetulan saja ?

Allah SWT berfirman : “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkah hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.” (Al Baqarah : 245 )

Firman Allh SWT : “Perumpamaan (nafkah yang di keluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah Adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” ( Al Baqarah : 261 ).

Sedekah merupakan investasi dunia dan investasi akhirat. Dimana Allah akan segera memberikan balasannya tidak hanya pada saat di dunia tetapi juga di akhirat. Dan sedekah bersifat segera, jangan menunda-nunda untuk bersedekah. Sedekah tidak perlu menunggu kaya, justru dengan sedekah hidup semakin berkah dan berlimpah.

Sabda Rasulullah SAW : “Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.

Sabda Rosulullah SAW : “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah, bertambah.”(HR. Al Tirmidzi)

Dari firman Allah dan Hadist Rasulullah diatas masih adakah keraguan dan kesangsian untuk bersedekah ?

Mengingat banyak manfaat dari sedekah ini, pengarang kitab Tanbihul Ghafilin, Imam Samarqandy mengatakan: “Biasakan diri anda untuk terus bersedekah, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Karena, dalam sedekah itu ada sepuluh manfaat; lima akan diberikan di dunia, dan lima lagi akan diberikan di akhirat kelak.

Adapun lima manfaat yang akan diberikan di dunia adalah: Dapat mensucikan harta,mensucikan badan dari perbuatan dosa, dapat menolak beragam bencana dan penyakit, memberikan kebahagiaan kepada orang miskin dan tidak ada perbuatan paling mulia selain memberikan kebahagiaan kepada sesama muslim, serta harta kekayaan akan lebih berkah, juga rizki akan lebih melimpah.

Adapun lima manfaat yang akan diperoleh kelak di akhirat adalah: sedekah akan menjadi pelindung dari teriknya sengatan matahari kelak, akan memperberat timbangan kebaikan, dapat membantu melewati shirat (jembatan akhirat), dapat menambah ketinggian derajat di surga kelak dan akan memperoleh ridha dari Allah.

Jangan sampai kita menyesal sebagaimana firman Allah: “Dan sedekahkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS. Al-Munafiqun: 10).

Dengan gemar bersedekah, hidup kita semakin berkah.

Pencarian dari Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *